Cara Menulis Artikel SEO Friendly Untuk Blog

Cara Menulis Artikel SEO Friendly Untuk Blog




Terjun ke dunia blogger tidak semudah yang anda bayangkan, dimana ada banyak hal yang harus dikuasai oleh para blogger. Salah satu teknik yang harus dikuasai adalah menulis artikel secara SEO friendly. Hal ini cukup penting, dimana artikel atau konten tersebut akan menjadi kunci penting agar bisa dibaca oleh para pengunjung. Dengan menggunakan cara yang satu ini cukup efektif bila anda menerapkannya. 

Ada banyak sekali teknik SEO yang harus anda pahami supaya artikel atau konten yang anda buat benar-benar memiliki kualitas yang unggul. Bilamana anda mampu membuatnya dengan baik, maka potensi untuk berada di peringkat teratas pencarian Google akan semakin besar. Hal ini cukup efektif untuk anda terapkan bilamana menulis artikel secara SEO. Google akan lebih munyukainya. 

Beberapa cara menulis artikel SEO friendly yang dapat anda lakukan diantaranya sebagai berikut! 



Tentukan Keyword Yang Tepat 

Langkah awal yang dapat anda lakukan adalah menentukan terlebih dahulu keyword yang akan digunakan. Anda bisa menggunakan tools untuk membantu anda menemukan keyword yang tepat digunakan dalam membuat sebuah artikel. Melalui kata kunci nantinya para pengunjung akan menuliskan keyword yang ingin dicarinya melalui mesin pencari. 

Disini anda harus memahami siapa audiens anda dan siapa yang membaca blog anda. Hal ini sangat penting supaya anda bisa menentukan keyword dengan tepat. Anda bisa menentukan target keyword yang biasa diketik oleh orang-orang melalui mesin pencari. Selain menggunakan tools, anda juga dapat menentukan keyword melalui pemikiran sendiri sesuai dengan materi atau konten yang anda buat. 



Memastikan Isi Artikel Sesuai Dengan Harapan Pembaca 

Tujuan dari pembaca mencari informasi melalui sebuah website adalah untuk mengetahui jawaban mengenai apa yang sedang dicarinya. Anda sebagai pemilik website atau blog harus membuat konten yang benar-benar berkualitas, supaya pembaca puas dengan jawaban yang didapatkan pada blog anda. Google sendiri dapat mengetahui berapa lama para pengunjung membaca di dalam blog milik anda. 

Semakin lama waktu yang digunakan untuk membaca maka semakin baik bahwasanya kualitas artikel milik anda memenuhi kriteria yang diinginkan oleh para pembacanya. Usahakan dalam membuat artikel secara lengkap dan agar bisa menjawab pertanyaan para pencarinya. Bilamana artikel yang ditulis sesuai dengan ekspetasi para pencari, Google dapat memberikan tambahan poin untuk artikel milik anda. 

Gunakan Fokus Keyword 

Menggunakan fokus keyword bisa anda terapkan dalam membuat konten artikel sesuai standar SEO. Akan tetapi bukan berarti anda menggunakannya secara berulang kali atau berlebihan. Hal ini nantinya akan menurunkan kualitas artikel anda bilamana menggunakan fokus keyword secara berlebihan. Artikel dibuat oleh manusia dan tentu struktur penulisannya harus sesuai dengan logika manusia. 

Anda dapat memperhatikan SEO artikel agar menduduki peringkat pertama hasil pencarian Google. Anda bisa melakukan apa saja yang dapat dijalankan dengan menulis artikel agar tetap mudah dibaca oleh para pengunjung. Tulis saja artikel yang berkualitas dan anda harus merevisinya kembali apakah sudah efektif atau belum. Bilamana sudah baik, maka anda bisa mempublikasikannya. 



Artikel Harus Layak Dibaca 

Menulis artikel yang SEO tentu harus layak dibaca oleh para pengunjung. Dimana mereka akan memahami mengenai isi dari artikel. Selain itu, dalam penulisan juga harus tertata dengan jelas, baik dari segi tanda baca ataupun hal lainnya. Dalam menulis artikel memang membutuhkan ketelitian yang tinggi agar tidak terjadi kesalahan, dan juga dapat menunjukan tingginya profesionalitas untuk blog yang dikelolanya. 

Akan lebih efektif jika anda setelah membuat artikel untuk merevisinya kembali supaya tidak ada tanda baca atau tulisan yang salah. Selain itu, anda juga bisa meminta bantuan kepada pembaca untuk memberikan komentar bilamana ada penulisan yang salah atau kurang berkenan. Melalui hal tersebut anda bisa memperbaikinya. 



Manfaatkan Link Internal dan Eksternal 

Tips yang selanjutnya adalah menulis artikel yang diterbitkan secara online, dimana perlu menggunakan link baik internal ataupun eksternal. Dimana fungsi dari link eksternal ataupun internal ini dapat memberikan penjelasan lebih lanjut kepada pembacanya terkait topik utama artikel yang dibuatnya. 

Link internal merupakan link yang merujuk pada salah satu artikel yang terdapat di dalam blog sendiri. Sementara link eksternal merupakan suatu link yang merujuk ke situs selain blog anda. Namun dari jenis kedua link tersebut, masing-masing memiliki fungsi yang sama. Namun untuk link eksternal merujuk pada internal blog lain. 



Memperthatikan Elemen Penting Blog 

Dalam membuat artikel, salah satu hal penting yang cukup efektif untuk anda terapkan adalah memperhatikan elemen penting yang ada di dalam blog. Beberapa diantaranya seperti URL, judul blog, heading, dan lain sebagainya. Elemen tersebut memiliki peran yang sangat penting untuk kualitas artikel anda agar sesuai dengan standar SEO. 

Bilamana artikel anda ingin muncul di halaman pertama, komponen tersebut harus anda perhatikan. Ketiga hal tersebut sangat mengacu pada konten blog yang anda buat agar bisa berjalan secara efektif. Seperti halnya judul artikel yang harus dibuat semenarik mungkin, di dalam judul artikel juga harus diterapkan keyword. Begitu juga dengan elemen lainnya seperti sub heading, url dan lain sebagainya. 



Optimasi Gambar 

Optimasi gambar juga menjadi salah satu hal penting yang harus anda perhatikan dalam membuat konten artikel yang berkualitas. Pembaca tidak akan bosan ketika mengunjungi website atau blog yang terdapat gambar di dalamnya. Apalagi jika isi konten artikel anda panjang, maka dengan menempatkan gambar menjadi pilihan yang sangat tepat untuk anda lakukan. 

Banyak hal yang perlu anda terapkan dalam optimasi gambar supaya sesuai dengan standar SEO. Dalam mengunggah gambar, anda harus memastikan bahwasanya nama file gambar yang diunggah sesuai dengan focus keyword yang anda gunakan. Dengan ini akan memudahkan anda untuk menyesuaikan gambar artikel yang diunggahnya. Begitu juga dengan hal lainnya yang harus anda terapkan. 



Unggah Konten Secara Konsisten 

Konsistensi menjadi salah satu langkah yang sangat penting harus anda terapkan. Dimana orang-orang sering gagal untuk konsisten karena belum membuahkan hasil. Dengan konsistensi akan memberikan peluang keberhasilan yang besar untuk anda nantinya. Seperti halnya anda membuat artikel per hari minimal 3 artikel, maka anda harus membuatnya setiap hari minimal 3 artikel. 



Jumlah Kata Tidak Terlalu Sedikit 

Google menyukai isi artikel atau konten yang menyediakannya secara lengkap. Dimana batas minimal jumlah artikel yang efektif untuk anda terapkan yaitu 300 kata. Hal ini akan membuat konten anda terlihat lebih berkualitas. Para pembaca yang mengunjungi blog anda juga akan lebih nyaman pastinya. Semakin banyak isi artikel maka akan semakin efektif, namun anda juga harus memperhatikan isinya supaya bermanfaat bagi para pembacanya. 



Demikian beberapa tips mengenai cara membuat artikel sesuai dengan standar SEO yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat, terima kasih.